Posted by: Jamilin Sirait | May 6, 2010

Penertiban Pemakaian Telephon Seluler


PENERTIBAN PEMAKAIAN TELEPHON SELULER

 Akhir-akhir ini banyak orang yang mengeluh bahkan stress menerima sms dan telephon gelap. Isinya sering berupa menjelek-jelekkan seseorang, mengedarkan berita palsu. Ini benar-benar meresahkan masyarakat. Kemajuan teknologi informasi yang seharusnya dipergunakan untuk mendukung percepatan komunikasi antar manusia dan kebaikan masyarakat disalah gunakan.

 Kita senang, dengan mempergunakan telephon seluler, kita bisa berbicara dengan orang tua, saudara, teman yang jaraknya ribuan kilo meter dari kita. Kita tidak harus berjumpa lagi secara langsung berhadapan muka tetapi cukup dengan berbicara melalui alat canggih ini. Kerinduan kita bisa terobati dan biaya pun dihemat. Selain itu, bagi para pebisnis, telephon seluler sangat bermanfaat.

 Salah satu dari penyimpangan pemakaian telephon seluler yang semakin marak belakangan ini adalah penipuan. Beberapa orang menginformasikan bahwa mereka pernah tertipu mengirimkan uang atau pulsa kepada si-penelephon. Modus operandinya bermacam-macam. Tetapi modus operandi yang lebih umum adalah: berita tentang anak yang sakit, keluarga kecelekaaan. Sipenelephon meminta korbannya mengirimkan sejumlah uang tebusan, uang jaminan atau uang perdamaian, dan bisa juga dengan mengirimkan pulsa.

Biasanya, sebagian ibu atau perempuan mendengar berita seperti itu langsung sedih dan terpengaruh serta tidak berpikir panjang bahwa berita seperti itu tidak benar. Kemudian langsung berbegas melaksanakan sesuai dengan pesan. Beberapa hari kemudian dia baru sadar bahwa dia melakukan kekeliruan.

Barangkali untuk mengatasinya tidak semudah membalik telapak tangan. Tetapi salah satu solusi yang tepat menurut pemikiran kami adalah dengan cara menertibkan para penjual nomor telephon seluler. Nomor harus didaftar dengan mempergunakan Kartu Identitas yang benar. Sekalipun mungkin para penjahat akan mencari cara lain untuk menipu tetapi penertiban nomor dan pemakaian telephon seluler dapat mengurangi kejahatan penipuan dimaksud. Harapan kami, semoga para penegak hukum dan polisi dapat menertibkannya dan menghukum seberat-beratnya para pedagang yang menjual nomor dengan sembarangan tanpa mendaftarkannya secara resmi sesuai dengan Kartu Identitas yang syah. Semoga Indonesia semakin maju dan semakin jaya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: