Posted by: Jamilin Sirait | September 28, 2010

Permasalahan, Kekerasan dan Konflik di dalam masyarakat serta Solusinya


Mencari Akar Konflik dan Solusinya

Belakangan ini kita dikejutkan dengan berbagai kekerasan yang terjadi di dalam masyarakat kita, kekerasan dalam rumah tangga atau keluarga hingga kekerasan dalam masyarakat secara umum. Di dalam keluarga misalnya kita mendengar berita tentang seorang ibu yang membunuh anaknya yang masih baru dilahirkan, seorang isteri yang menjual anaknya, seorang suami yang membunuh isterinya dan seorang isteri yang menyiram suaminya dengan air mendidih. Ini hanya sedikit peristiwa dari berbagai masalah yang terjadi di masyarakat. Hampir setiap hari kita mendengarnya.

Pertanyaan di benak kita sehubungan dengan masalah ini adalah: apakah memang sebagian manusia sekarang semakin gila, tidak dapat menahan diri? Mengapa peristiwa seperti ini tidak kita dengar tiga puluh tahun yang lalu? Mungkinkah peristiwa yang sama memang terjadi juga sebelumnya tetapi karena teknologi komunikasi semakin maju maka berita-berita dan peristiwa di daerah terpencil pun semakin mudah diakses?

Kita akui bahwa pengaruh teknologi komunikasi yang semakin modern turut mempercepat akses berita. Selain itu, para pekerja dalam lingkungan komunikasi seperti itu gemar mencari berita. Mungkinkah diusulkan agar para wartawan dan yang seprofesi dengan itu di dalam media elektronik perlu lebih teliti menyiarkan berita dan tidak menyiarkan sesuatu tanpa konfirmasi yang benar dengan orang yang memiliki kompetensi untuk itu?

Ini menjadi pertanyaan serius dan refleksi kepada saudara-saudara pemberita. Oleh sebab itu, saya mencoba berpikir bahwa permasalahan yang kita hadapi sekarang bukan hanya sekedar di ekspose tetapi terutama kita perlu mencari akar-akar yang menjadi penyebab terjadinya konflik, permasalahan, kekerasan di dalam masyarakat dan kemudian mengusulkan solusi terhadap permasalahan itu.

Bersambung………………..

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: